Panduan Supaya Pencernaan Sehat Waktu Puasa


Penting untuk memperhatikan kesehatan skema pencernaan sepanjang bulan Ramadan. Masalahnya pencernaan yang memiliki masalah akan menghalangi kelancaran puasa serta kegiatan Anda sepanjang bulan suci ini. Lalu, apa ada langkah atau panduan untuk wujudkan pencernaan sehat waktu puasa? Tentunya. 

1. Konsumsi makanan memiliki serat waktu sahur serta buka 

Menurut Maria Adams, MS, MPH, RD, seseorang pakar diet dari Amerika Serikat, konsumsi makanan memiliki serat bisa menolong pencernaan tetap sehat waktu puasa. 

Adams memberikan tambahan makanan kaya serat bisa menolong Anda menahan atau menyembuhkan beberapa keadaan pencernaan, seperti sembelit, wasir, serta radang usus besar. Diluar itu, banyak konsumsi makanan memiliki serat saat puasa dapat menolong sampai atau menjaga berat tubuh baik. 

Pilih makanan yang kaya serat seperti biji-bijian, sayuran, kacang polong, serta buah-buahan yang bisa pelihara kesehatan skema pencernaan. 

2. Batasi konsumsi makanan berlemak 

Satu diantara langkah untuk jaga pencernaan sehat waktu puasa dengan batasi konsumsi makanan berlemak waktu sahur serta buka. Pada umumnya, makanan berlemak condong perlambat proses pencernaan makanan, dan membuat Anda lebih rawan alami sembelit. 

Sebenarnya, makanan berlemak penting juga untuk badan menaruh cadangan daya, tetapi lebih baik imbangi dengan makanan tinggi serat yang dapat memudahkan proses mengolah lemak serta makanan yang lain 

3. Minum air cukup

8 gelas satu hari Untuk jaga skema pencernaan masih sehatsaat puasa, Anda perlu tetap minum air sekitar 2 liter /hari. 

Sama seperti jika badan kurang konsumsi makanan memiliki serat, dikit atau kurang minum air dapat mengakibatkan permasalahan pencernaan. BAB tidak teratur atau sembelit, contohnya. 

Upayakan minum 2 gelas air waktu sahur, 4 gelas air sesudah salat tarawih, serta paling akhir 2 gelas sebelum atau setelah sahur. Lewat cara semacam itu, Anda akan terhidrasi serta terlepas dari permasalahan pencernaan. 

4. Konsumsi makanan probiotik 

Makanan atau minuman probiotik seperti yoghurt atau kimchi, memiliki kandungan bakteri baik yang memberikan keuntungan buat usus manusia. Bakteri baik ini, umumnya dipakai untuk menahan serta memudahkan permasalahan usus. 

Dengan konsumsi makanan probiotik, Anda bisa memperlancar permasalahan sembelit serta membuat makanan bertambah cepat diolah oleh badan. Beberapa pakar merekomendasikan untuk makan atau minum suplemen probiotik waktu puasa di waktu buka untuk menormalkan gerakan usus besar Anda. 

5. Kurangi serta jauhi stress 

Satu diantara riset menjelaskan jika depresi dapat merubah kesehatan pencernaan Anda, terutamanya usus. Beberapa periset memiliki pendapat jika depresi dapat membuat usus meradang yang akan mengganggu skema saraf parasimpatis yakni skema yang berperan untuk mengatur pergerakan usus. 

Oleh karena itu, jauhi share hal bau stress yang dapat meneror kesehatan pencernaan Anda waktu berpuasa.

Belum ada Komentar untuk " Panduan Supaya Pencernaan Sehat Waktu Puasa "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel