Pahami Ciri-Ciri Bayi dan Orang Dewasa Alami Kurang Pendengaran

Pahami-Ciri-Ciri-Bayi-dan-Orang-Dewasa-Alami-Kurang-Pendengaran

Menjaga kesehatan telinga sejak dini merupakan hal yang penting. Selain mencegah terjadi gangguan pendengaran, hal ini juga berpengaruh terhadap kualitas hidup anda. Namun, dalam aktivitas sehari-hari, terkadang ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya gangguan pendengaran. Beberapa faktor seperti lingkungan yang bising, penggunaan obat-obatan, hingga penyakit-penyakit tertentu dapat berpengaruh terhadap munculnya gangguan pendengaran. 

Meskipun sama-sama memiliki gangguan pendengaran, ciri ciri gangguan pendengaran pada anak dan orang dewasa bisa berbeda. Semakin lama anak Anda ataupun diri anda sendiri mengalami gangguan pendengaran, maka perkembangannya kualitas hidup akan terganggu. Jadi, dengan mengetahui gejalanya secara dini Anda dapat mencegah timbulnya risiko penyakit yang lebih berat Umumnya, gangguan pendengaran yang terjadi disebabkan karena menurunnya cara kerja telinga dalam mendapatkan sinyal suara yang masuk, sehingga sinyal suara tersebut tidak tersalur ke syarat otak dan menyebabkan suara-suara yang masuk menjadi sedikit. 

Ciri-ciri gangguan pendengaran yang biasa terjadi pada bayi antara lain, tidak merasa terkejut ketika mendengar suara yang bising, tidak menoleh untuk merespon ke sumber suara, tidak mengucapkan sepatah kata walaupun sudah diajari, tidak menoleh saat dipanggil. Sedangkan ciri-ciri gangguan pendengaran pada orang dewasa diantaranya yaitu pelafalan bicara yang kurang jelas, tidak jelas mendengar perkataan lawan bicara, seringkali mengulang untuk bertanya kepada lawan bicara tentang apa yang dibicarakan, sering memutar musik ataupun suara televisi dengan volume yang tidak wajar, serta cenderung menggunakan salah satu telinga untuk mendengar percakapan lawan bicara saat diskusi. 

Gangguan pendengaran secara tidak langsung menghambat aspek kehidupan sehari-hari. Salah satu solusi yang tepat yaitu menggunakan alat bantu dengar atau hearing aid. Penggunaan alat bantu dengar dapat meningkatkan intensitas suara yang masuk ke dalam telinga sehingga gangguan pendengaran tidak lagi menghambat aktivitas anda. Sebelum menggunakan alat bantu dengar, alangkah baiknya melakukan tes pendengaran di pusat alat bantu dengar terlebih dahulu. Dengan demikian, pemilihan alat bantu dengar dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat gangguan pendengaran yang dialami. 

Belum ada Komentar untuk "Pahami Ciri-Ciri Bayi dan Orang Dewasa Alami Kurang Pendengaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel