Wisata Alam Situ Leutik Banjar, Wisata Gratis Pelepas Penat sambil Berolahraga

Wisata-Alam-Situ-Leutik-Banjar-Wisata-Gratis-Pelepas-Penat-sambil-Berolahraga

Wisata Situ Leutik Banjar yang terletak di Dusun Cijambu, Desa Cibereum, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, merupakan destinasi wisata alam yang memikat sekaligus menyehatkan. Wisata alam ini memang menjadi incaran para pelancong yang ingin melepas penat. YayanSukirla selaku Kepala Desa Cibereum memaparkan bahwa wisata alam tersebut diawali dengan keberadaan Situ Leutik, berupa danau kecil alami yang ada sejak puluhan tahun lalu kemudian dikembangkan pada tahun 2006. 

Wisata Alam Situ Leutik Banjar 

Daya tarik bagi wisatawan lokal yaitu lingkungan yang asri dan udara di sekitar kawasan wisata yang sejuk sangat cocok untuk melepas penat atau untuk berolahraga. Masyarakat sekitar familiar dengan keberadaan Situ Leutik Banjar sehingga sering dimanfaatkan untuk olahraga. 

Kegiatan jogging salah satunya dilakukan oleh Nina (24 tahun) yang berolahraga tiap akhir pekan di kawasan wisata Situ Leutik bersama teman-temannya. Olahraga lain yang biasa dilakukan oleh wisatawan lokal selain jogging misalnya memancing. 

Daya tarik berikutnya yakni kemudahan akses untuk menuju Wisata Alam Situ LeutikBanjar. Kawasan wisata dapat diakses baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Tentu saja akses yang mudah tersebut menjadi nilai tambah kawasan wisata ini. Dengan lokasi yang mudah diakses, pengunjung dapat datang sendirian maupun apabila ingin pergi bersama rombongan untuk piknik di akhir pekan tanpa khawatir jalan yang susah. 

Selanjutnya, rencana pengembangan kawasan wisata akan dilakukan oleh pemerintah setempat. Informasi mengenai rencana pengembangan kawasan wisata di Situ Leutikyakni berdasarkan keterangan dari Plt. Kepala DInas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kota Banjar Asep Setiadi yang dimuat dalam harapanrakyat.com. 

Dalam keterangannya, Asep menyampaikan “Untuk kedepannya, kami akan membuat sarana outbond, sarana seni dan budaya, sarana memancing, kegiatan pendidikan alam, atau pun membuat sarana untuk perkemahan. Selain sebagai tujuan keluarga untuk berpiknik, di Situ Leutik juga nantinya akan dibangun sarana untuk edukasi,”. 

Kemungkinan pengembangan kawasan wisata tersebut juga didukung oleh keterangan Kepala Desa Cibereum, YayanSukirlan, yang menyampaikan bahwa potensi alam yang ada di Situ Leutik harus dikembangkan misalnya dengan didirikannya sarana outbound, kantin-kantin, sarana wisata sepeda air dan perahu dayung, serta kios cinderamata. Pengembangan tersebut diupayakan agar mampu meningkatkan SDM di sekitar kawasan wisata dan pada akhirnya mampu membantu peningkatan perekonomian masyarakat. 

Alasan-alasan tersebut yang menjadi daya tarik untuk berwisata di Kawasan Wisata Alam Situ Leutik Banjar. Keterbatasan waktu dan energi yang tersisa di akhir pekan setelah lelah beraktivitas tidak menjadi penghalang untuk dapat sejenak bersantai sambil menikmati suasana asri dan tenang seperti yang disuguhkan oleh Situ Leutik. 

Harapannya, rencana pengembangan seperti yang disampaikan Kepala Desa Cibereum, Yayan Sukirlan, dan Plt. Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kota Banjar,Asep Setiadi, benar-benar terlaksana sehingga potensi yang ada dapat dimanfaatkan dengan baik. 

Sejauh ini perhatian pemerintah untuk kawasan wisata tersebut berupa perbaikan dan pengembangan dengan melibatkan 4 SKPD Kota Banjar, yaitu Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas PUPRPKP, Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dispora), dan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3). 

Pembangunan yang dilaksanakan mendapat alokasi dana dari APBD Provinsi Jawa Barat sejumlah Rp 4,8 miliar. Beberapa fasilitas yang akan dibangun antara lainmushola, playground atau taman bermain untuk anak, toilet, dan DOM. Rencananya, selain untuk pariwisata, situ leutikjuga akan dibangun untuk kepentingan irigasi, meskipun berdasarkan keterangan warga di sekitar situ, manfaat pembangunan untuk irigasi belum dirasakan. 

Tanggungjawab masyarakat untuk menjaga kelestarian juga menjadi poin penting dalam pengembangan kawasan wisata, terutama wisata yang berbau alam. Tidak sedikit pengembangan kawasan pariwisata berbasis wisata alam yang pada akhirnya justru merusak kelestarian alam karena sejatinya menjaga lingkungan bukan hanya tanggungjawab pemerintah namun juga semua orang yang ada dan memanfaatkan sumberdaya dari alam. Dengan demikian, keasrian dan manfaat dari kawasan Wisata Alam Situ Leutik Banjar dapat terus dinikmati hingga di masa mendatang.

Belum ada Komentar untuk "Wisata Alam Situ Leutik Banjar, Wisata Gratis Pelepas Penat sambil Berolahraga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel