Mengenali penyebab dari penyakit celiac

Sumber gambar: doktersehat.com 
Penyakit celiac bukanlah alergi atau intoleransi tubuh terhadap gluten saja . penyakit inu juga merupakan kondisi autoimun dimana tubuh juga salah satu mengenali senyawa yang terkandung didalam gluten sebagai ancaman untuk membahayakan dan malah membentuk antibody untuk menyerang jaringan tubuh yang sehat . kasus penyakit celiac ini adalah antibody yang membuat usus halus mengalami peradangan dan bengkak . zat antibody ini juga akan membuat bulu bulu halus atau vili dipermukaan usus halus mengalami peradangan dan bengkak . sehingga proses dalam penyerapan nutrisi dimakanan menjadi tidak sempurna . sebagian besar orang penderita celiac juga ditemukan kelainan genetic yang dapat menimbulkan perubahan sel pada usus halus . ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko seseorang menderita penyakit celiac . antara lain , 

  • Kondisi kesehatan 
Diabetes tipe 1 , gangguan saraf , kolitis useratif , sindrom down , sindrom bisa meningkatkan resiko terkena penyakit celiac . 

  • Faktor lingkungan 
Seseorang mengalami infeksi sistem pencernaan saat masih anak anak msialnya infeksi rotavirus akan memiliki resiko yang lebih besar daripada terkena penyakit celiac. 

  • Faktor keturunan 
Memiliki anggota keluarga yang menderita penyakit celiac juga mempengaruhi keluarga lain karena dapat menimbulkan resiko mengalami penyakit yang sama . 

Gejala gejala penyakit celiac berbeda beda pada anak dan orang dewasa pun berbeda-beda, ketika pada orang dewasa gejala yang muncul adalah sulit hamil, mengalami gangguan fungsi limpa, gangguan keseimbangan tubuh, gangguan fungsi limpa, nyeri sendi, anemia atau akibat dari kekurangan zat besi atau vitamin B12, kesemutan atau mati rasa pada ujung jari tangan dan kaki atau yang disebut neuropati perifer. Pembengkakan pada tangan, telapak kaki, lengan serta tungkai akibat terjadinya penumpukan cairan di jaringan tubuh, ruam pada kulut terasa gatal dan lecet, rusaknya lapisan gigi dan rusaknya kepadatan tulang yang terjadi pada tubuh kita. 

Tetapi jika gejala penyakit celiac yang muncul pada anak anak itu berbeda seperti tinggi tubuh dibawah rata-rata, pubertas melambat, gangguan saraf seperti ADHD, kemampuan belajar, sakit kepala, koordinasi otot yang buruk , nyeri perut , perut kembung , konstipasu dan turunya berat badan hingga gangguan tumbuh kembang adalah hal yang diakibatkan penyakit celiac. 

Untuk menangani penyakit celiac dilansir dari alodokter biasanya dokter akan menyarankan penderita menghindari makanan seluruh makanan atau bahan apapun yang mengandung gluten serta menjalankan program diet bebas glten ini untuk mencegah rusaknya dinding usus seperti gejala diare dan nyeri perut. 

Selain diet bebas gluten ada beberapa terapi tambahan yang mungkin diperlukan untuk membantu mengatasi diperlukan membantu mengatasi gejala dan mencegah komplikasi. terapi tersebut antara lain, vaksinasi, suplemen, mengomsumsi obat kostkosteroid dan dapsone. dan bisa mulai belajar mengonsumsi makanan alami bebas gluten seperti daging dan ikan, sayuran dan buah, susu dan produk olahan susu seperti keju dan mentega, kentang serta nasi lalu ada juga beberpa jenis tepung bebas gluten seperti tepung jagung, tepung kedelai dan tepung kentang dan untuk anak anak ASI dan sebagian besar susu formula bayi juga bebas dari kandungan gluten. 

Belum ada Komentar untuk " Mengenali penyebab dari penyakit celiac"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel