Tugas Mekanik Bengkel saat Melakukan Servis Motor

Tugas-Mekanik-Bengkel-saat-Melakukan-Servis-Motor

Perawatan motor perlu dilakukan agar mesinnya tidak mudah rusak. Anda perlu melakukannya secara rutin minimal waktu servisnya dengan jangka waktu tiga bulan. Beberapa tugas mekanik bengkel yang akan dilakukan saat servis motor sehingga kondisi motor stabil dan aman dikendarai.

Bagian yang Diperiksa Mekanik Bengkel

Mekanik bengkel akan memulai pemeriksaan motor Anda dari yang paling dasar saat akan melakukan servis. Tugas yang akan dilakukan mekanik bengkel ini tentu untuk membuat Anda mendapatkan motor kembali dalam kondisi prima. Berikut beberapa tugas utama yang dilakukan mekanik bengkel.

1. Pemeriksaan Oli

Mekanik bengkel akan memulai servis dengan melakukan pemeriksaan di bagian oli mesin. Bagian ini penting sekali untuk mendukung kinerja mesin. Anda akan ditanyakan kapan terakhir melakukan penggantian oli. Jika kondisi oli masih bagus atau layak pakai maka tidak akan diganti dan Anda akan diberitahu kapan harus menggantinya.

2. Membersihkan Komponen Motor

Servis motor perlu dilakukan agar Anda nyaman menggunakan motor dan tidak mengalami masalah saat mengendarainya. Tugas dari mekanik bengkel akan membersihkan komponen karburatornya, celah busi, dan saluran udara. Jika saat dibersihkan terlalu banyak kotoran atau sudah tidak layak pakai, maka akan dilakukan penggantian komponen tersebut.

3. Pemeriksaan dan Penyetelan Rem

Tugas mekanik juga melakukan pemeriksaan dan penyetelan rem sebagai bagian dari motor yang menjadi salah satu jaminan keselamatan. Anda jangan mengabaikan kondisi rem jika sudah tidak bisa difungsikan sebagaimana mestinya. Apa lagi jika jalanan yang dilalui setiap harinya ramai atau macet maka rem saat dibutuhkan.

4. Cek Kondisi Aki

Bagian motor yang tak kalah penting untuk diperiksa saat melakukan servis adalah kondisi aki. Statusnya bisa diketahui oleh mekanik sehingga Anda bisa mengetahui aki masih layak pakai atau tidak. Pihak mekanik bertugas untuk memberitahu kualitas dari aki atau Anda bisa menanyakannya.

Ini hanya beberapa tugas mekanik bengkel saat melakukan servis. Masih banyak bagian motor yang harus diperiksa agar kondisi motor kembali prima. Terkhusus jika motor menggunakan kopling tentu perlu diperiksa bagian koplingnya. Tali gas juga perlu dilakukan pemeriksaan oleh teknisi. Tugas teknisi untuk menjamin motor sudah diservis dengan optimal.

Belum ada Komentar untuk "Tugas Mekanik Bengkel saat Melakukan Servis Motor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel