Kapan Sebaiknya Memesan Tiket Pesawat?

Kapan-Sebaiknya-Memesan-Tiket-Pesawat

Tidak ada orang yang berharap virus ini akan membuat dunia ini terisolasi selamanya. Banyak peneliti berlomba membuat penangkalnya agar dunia bisa tersenyum kembali. Nah sebagai seorang manusia, tentu kita tidak boleh pesimis. Apalagi sebentar lagi lebaran tiba. Daripada kita pesan tiket mendadak mendekati lebaran, yuk pesan tiket Citilink dari sekarang saja agar ketika virus ini hilang, Anda bisa mudik dengan nyaman.

Waktu yang Tepat untuk Memesan Tiket Pesawat

Sekarang ini, pesawat tidak lagi dianggap sebagai suatu kemewahan. Pasalnya di berbagai event tertentu, tiket pesawat bisa didapat dengan harga murah. Contohnya saja tiket Citilink. Anda yang sering mudik mungkin tahu jika maskapai satu ini sering mengadakan promo harga. Tidak hanya maskapai Citilink saja, maskapai lain pun juga demikian. Itulah mengapa sekarang semakin banyak orang yang lebih pilih naik pesawat.

Namun yang belum banyak diketahui banyak orang adalah kapan waktu yang tepat untuk memesan tiketnya. Ada yang berpendapat jika membeli mendadak lebih murah layaknya tiket go show kereta yang hanya separuh harga ketika dibeli on the spot. Ada juga yang berpendapat jika tiket pesawat sebaiknya dipesan jauh-jauh hari, paling tidak 3 bulan sebelumnya. Hmm, manakah yang benar? Yuk, kita simak ulasannya di bawah ini, yakni : 
 

1. 21 – 34 Hari Sebelum Tanggal Keberangkatan

Waktu yang pas untuk membeli tiket pesawat adalah 21 hari hingga 34 hari sebelum keberangkatan. Mengapa demikian? Pasalnya jika Anda berangkat di malam takbir dan Anda membelinya di hari itu juga, tentu Anda bisa kehabisan tiket. Jika tidak habis, maka harganya akan melambung sangat tinggi. Untuk menyiasatinya, sebaiknya belilah tiket 21 – 34 hari sebelum hari lebaran tiba.

Hal ini tidak asal-asalan lho. Menurut survei, membeli tiket pesawat 2 minggu saja sebelum hari keberangkatan akan mendapat harga yang naik sekitar 5% dari harga ketika Anda membeli di waktu sebelumnya. Tentunya, harga ini akan naik lagi hingga 30% di minggu sebelum tanggal keberangkatan. Sementara menurut survei juga, harga tiket bisa lebih murah sekitar 4% di 34 hari sebelum keberangkatan.
 

2. Jangan Pesan Terlalu Dini

Meski Anda disarankan membeli jauh-jauh hari dari waktu keberangkatan, namun jangan sampai Anda membelinya berbulan-bulan sebelum waktu keberangkatan. Hal ini justru akan merugikan Anda.

Pasalnya, Anda tidak tahu naik turunnya harga di bulan keberangkatan. Menurut penelitian juga, harga di 6 bulan sebelum keberangkatan bisa lebih tinggi 18 – 19 % dari harga ketika Anda membeli di 21 hari sebelum keberangkatan.
 

3. Perhatikan Hari Terbang

Tidak hanya jangka hari sebelum keberangkatan saja, pemilihan hari terbang pun juga akan mempengaruhi harga. Apalagi jika Anda melakukan penerbangan domestik.

Layaknya kereta yang harga tiketnya naik di akhir pekan, harga tiket pesawat pun juga bisa naik berdasar harinya. Adapun hari yang paling disarankan untuk membeli tiket pesawat adalah hari Senin – Rabu karena harganya lebih murah di hari-hari tersebut.
 

4. Pilih Penerbangan Malam atau Dini Hari

Terakhir, memilih jam penerbangan juga akan sangat berpengaruh pada harga tiket Anda. Umumnya, orang lebih suka berangkat naik pesawat itu ketika jam kantor alias di antara jam 9 – 5 sore. Padahal jika Anda tahu, memilih penerbangan di malam hari atau dini hari akan membantu Anda mendapat harga tiket yang jauh lebih murah dari harga di office hours.

Demikian ulasan tentang waktu terbaik pesan tiket pesawat seperti tiket Citilink. Semoga ulasannya bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Kapan Sebaiknya Memesan Tiket Pesawat?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel